Minggu, 04 September 2016

DC Comics' TV Series Crossover : Arrow, The Flash, Constantine, Legends of Tomorrow, Supergirl



TV Series Arrow, seperti yang penggemar setianya pasti sudah tahu, berasal dan dikembangkan dari DC Comics dengan pemeran utama Green Arrow. Arrow yang memulai episode Pilot-nya pada tahun 2012, kini sudah berjalan hingga 4 season. Premier season kelima akan ditayangkan awal bulan Oktober tahun ini. 

Perjalanan hidup Oliver Queen, alter ego dari Arrow/Green Arrow, diceritakan dalam 2 timeline; Oliver pre-Arrow dimulai saat kapal pribadi yang ditumpanginya bersama ayahnya karam di laut China 5 tahun sebelum Arrow mulai beroperasi di kota asal Oliver, Starling City dan Oliver setelah ia memutuskan untuk menjadi vigilante di kotanya, pembela kebenaran yang beroperasi diluar cara-cara yang dibenarkan secara hukum. 

TV Series Arrow yang cukup sukses meraih perhatian dan banyak penonton di season 1, kemudian kembali dengan kelanjutan cerita yang tak kalah menarik di season 2. Kesuksesan ini juga memicu dunia Arrow atau Arrow Universe (Arrowverse) berkembang. Sekarang sudah ada 4 judul TV Series lainnya yang berbagi dunia dengan Arrow; The Flash, Constantine, Legends of Tomorrow, dan Supergirl. Kelimanya, termasuk Arrow, menampilkan tokoh-tokoh yang berasal dari tokoh-tokoh dalam DC Comics. 


Sebelum TV Series dengan judul The Flash ditayangkan Pilotnya, tokoh utama The Flash yaitu Barry Allen (alter ego The Flash) sempat muncul dalam Arrow Season 2 Episode 8 (The Scientist) dan Episode 9 (Three Ghosts). Selain Barry, teman-teman Barry dalam The Flash yaitu Cisco dan Caitlin juga tampil sekilas dalam Arrow Saeson 2 Episode 19 (The Man Under The Hood). Crossover lainnya antara The Flash dan Arrow dengan kronologi yang berurutan : 

--The Flash Season 1 Episode 1 (Pilot); Barry menceritakan kekuatannya pada Oliver
--Arrow Season 3 Episode 1 (The Calm): Oliver menerima telpon dari Barry untuk menemuinya di atap dan kemudian menceritakan kekuatannya pada Oliver
--The Flash Season 1 Episode 4 (Going Rogue): Felicity mengunjungi Barry dan Team Flash di Central City
--The Flash Season 1 Episode 8 (Flash vs Arrow): Team Flash mengunjungi Central City untuk mencari petunjuk tentang boomerang killer dan membantu Team Flash menangkap seorang metahuman.
--Arrow Season 3 Episode 8 (The Brave & The Bold): Giliran Team Flash mengunjungi Starling City dan membantu Team Arrow mengalahkan seorang penjahat.
--The Flash Season 1 Episode 18 (All Star Team Up): Ray Palmer (The Atom) & Felicity mengunjungi Star Labs dan membantu Team Flash mengalahkan seorang penjahat cyber yang menggunakan lebah robotik.
--Arrow Season 3 Episode 19 (Broken Arrow): Cisco menolong Team Arrow dan Ray mengalahkan seorang meta-human.
--The Flash Season 1 Episode 19 (Who is Harison Wells?): Cisco dan Detektif Polisi Joe West pergi ke Starling City untuk menginvestigasi identitas Dr. Wells.
--The Flash Season 1 Episode 22 (Rogue Air): Oliver membantu Barry melawan Reverse-Flash
--Arrow Season 3 Episode 23 (My Name is Oliver Queen): Barry datang ke Nanda Parbat untuk membebaskan teman-teman Oliver.


--Arrow Season 4 Episode 1 (Green Arrow): Barry mengunjungi Oliver di tempat pemakaman dengan setting waktu 6 bulan kemudian.
--Arrow Season 4 Episode 5 (Haunted): Constantine bertemu Oliver di Lian Yu dalam flaskback, di timeline sekarang Oliver meminta bantuan Constantine untuk membantu mencari jiwa Sara Lance.
Note: Constantine merupakan TV series dengan tokoh utama John Constantine, orang yang bisa berhubungan dengan dunia mistis. 
--The Flash Season 2 Episode 8 (Legends of Today): Seorang pria imortal bernama Vandal Savage mencari Kendra Saunders, seorang Barista teman Cisco. Team Flash meminta bantuan team Arrow untuk membantu.
--Arrow Season 4 Episode 8 (Legends of Yesterday): Team Arrow dan Team Flash bekerja sama melindungi Kendra Saunders & Carter Hall dan membasmi Vandal Savage.


Dalam area waktu sekitar ini, dimulailah TV Series DC's Legends of Tomorrow. Para tokohnya merupakan tokoh-tokoh yang sudah ada dalam Arrow maupun The Flash.

1. Sara Lance a.k.a White Canary adalah adik Laurel Lance dan teman Oliver
2. Ray Palmer a.k.a The Atom adalah teman Team Arrow
3. Prof. Martin Stein dan Jefferson Jackson a.k.a Firestorm adalah teman Team Flash
4. Leonard Snart dan Mick Rory adalah penjahat dan pencuri yang sering berurusan dengan Team Flash
5. Kendra Saunders & Carter Hall adalah Hawkgirl and Hawkman reinkarnasi dari 4000 tahun lalu

Tokoh-tokoh ini direkrut oleh seorang pria dari masa depan bernama Rip Hunter untuk menyelamatkan dunia.

--Legends of Tomorrow Season 1 Episode 1 (Pilot: Part 1): Ray Palmer meminta saran dari Oliver Queen. Sara meminta saran dari kakaknya Laurel.
--The Flash Season 2 Episode 15 (King Shark); John Diggle dan Lyla mengunjungi Centras City dan membantu Barry mengalahkan King Shark.
--Legends of Tomorrow Season 1 Episode 6 (Star City 2046): Team Legend sampai di Star City tahun 2046 dan bertemu dengan Oliver Queen dan Connor Hawke.
--Supergirl Season 1 Episode 18 (Worlds Finest): Barry tanpa sengaja terlempar ke Earth-S dan bertemu Supergirl kemudian membantunya mengalahkan musuh
--Arrow Season 4 Episode 17 (Beacon of Hope): Brie Larvan keluar dari penjara dan mengincar Felicity
--Legends of Tomorrow Season 1 Episode 9 (Left Behind): Team Legend mengunjugi Ra's Al Ghul pada tahun 1958
--Legends of Tomorrow Season 1 Episode 14 (River of Time) : Team Legend mengalami flashback. Ray ingat perpisahannya dengan Felicity. Prof. Stein dengan istrinya Clarissa. Jefferson dengan ibunya. Sara dengan Nyssa Al'Ghul.
--Arrow Season 4 Episode 17 (Canary Cry): Ulangan kunjungan Barry ke pemakaman S04E01
--Legends of Tomorrow Season 1 Episode 16 (Legendary) : Sara kembali ke Starling City masa kini, menemukan fakta menyedihkan tentang keluarganya.


Selain crossover para tokoh utamanya, tokoh-tokoh seperti Deadshot, Demien Dahrk, The Clock King, dan Vixen, juga melakukan crossover dalam Arrowverse. 

Semoga list di atas dapat membantu.
Cheers..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar